Memberanikan diri meninggalkan kendaraan pribadi

Sejak hari Senin 24 Januari 2011, saya memberanikan diri untuk meninggalkan kendaraan pribadi dan menggunakan transportasi umum. Memang terasa sedikit bingung untuk jalur-jalur transportasi umum. Jadi harus lebih cermat membaca papan rute bis kota dan bertanya.

Hari pertama saya memutuskan untuk mencoba jalur bis kota biasa, mengambil rute ke Kampung Melayu. Sebenarnya saya ingin mencoba Trans Jakarta, tapi saya kuatir dengan kemacetan di sekitar Cawang. Lumayan, saya merasa enjoy karena saya jadi berolah raga. Saya harus berganti kendaraan 4 kali.Namun, waktu yang terpakai hanya sekitar 80 menit. Biasanya dengan kendaraan pribadi bisa sekitar 90 – 120 menit.

Hari kedua saya mencoba menggunakan Trans Jakarta Koridor 9.  Perjalanan ke kantor akhirnya saya tempuh hanya 50 menit dan tidak capai. Di Trans Jakarta saya berdiri hanya 10 menit.

Pengalaman dua hari ini cukup menyenangkan. Seandainya 20% saja dulu dari pengguna kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor mau meninggalkan kendaraannya di rumah dan menggunakan transportasi umum, saya yakin akan banyak manfaat yang di dapat oleh seluruh masyarakat Jakarta. Antara lain rejeki bagi para sopir transportasi umum, berkurangnya kemacetan, kembalinya investasi Trans Jakarta, dan badan sehat karena olah raga.

Kita harapkan juga supaya Departemen Perhubungan, segera berkomunikasi dengan pengusaha transportasi terutama bis kota, agar memperhatikan kesehatan masyarakat dengan tidak mengoperasikan kendaraan yang sudah tua.

Salam metropolitan

5 thoughts on “Memberanikan diri meninggalkan kendaraan pribadi

  1. Selamat menempuh perjalanan baru, Bune. Semoga sukses.

  2. cukup menarik, seandainya saja ada jalur transjakarta dari rumah saya akan coba …

  3. Inspiratif,buat mengatasi kejenuhan rute perjalanan kekantor

Leave a Reply

