Berhitung untuk Masa Depan

Yahh…..hidup sekarang aja sudah sulit, bagaimana bisa berhitung untuk masa depan?

Boleh aja sih berpikir seperti itu… tapi coba direnungkan lagi dengan melihat banyak contoh disekitar kita, mana orang yang serius merencanakan masa depan dan yang memang mau mengalir saja mengikuti arus. Kalau mau lihat contohnya lihat yang sudah usia pensiun… Ada yang enjoy menikmati masa pensiunnya dan banyak juga yang akhirnya jadi sakit-sakitan stress karena ga punya apa-apa.

Eiitt…jangan bilang kalau itu memang nasib…. pleeaazzeee… coba dulu… Kalau bicara level materi sih…oke saya setuju bahwa setiap orang diberi berbeda, tapi pada level kebahagian dan bisa menghidupi masa tuanya sendiri?…menurut saya kita bisa merencanakannya.

Ya udah….sekarang tinggal ngitung aja…  Yuk kita mulai:

  1. Tentukan dulu anda mau hidup seperti apa pada usia ke-xxx. Usia dimaksud adalah usia harapan hidup anda berhenti di usia berapa… (eiit..!!! lagi-lagi kita abaikan dulu bahwa “hidup dan mati” di tangan Tuhan).. mutlak SETUJU. Tapi biar bagaimanapun anda pasti punya harapan untuk bisa hidup sampai umur kesekian. Nah! umur itu yang saya maksudkan.
  2. Sekarang umur anda berapa, kurangkan usia harapan hidup anda dengan umur anda saat ini. Nah…itulah sisa waktu yang kita miliki (menurut ukuran kita…SAH!!)
  3. Trus coba pikirkan dan tentukan, sampai usia berapa anda bisa bekerja/menghasilkan uang dari pekerjaan. Lalu hitung berapa tahun anda masih bisa bekerja.
  4. Kurangkan sisa waktu dengan anda dengan sisa waktu bekerja. Maka itu adalah waktu dimana anda akan hidup tanpa penghasilan.
  5. Lalu, selama anda tidak memiliki penghasilan…anda mau membangun pola hidup seperti apa? Dan berapa biaya setahun yang dibutuhkan untuk pola hidup yang anda inginkan tersebut?
  6. Kalikan biaya tersebut dengan waktu yang dihitung pada no 4.   Berapa hasilnya?? 200jt?, 500jt?, 1 milyard?… BANYAK YA? Angka itulah yang harus anda miliki ketika anda pensiun atau tidak memiliki penghasilan lagi.

WOW…!!!! Stresss…!!! mikirin yang sekarang aja belum beres…

YA…itulah kenyataan… hitungan itu belum selesai..karena ada tips dan trik yang harus anda lakukan supaya bisa memenuhi angka itu.

Tapi harus dilihat case by case, karena hal itu harus dikaitkan dengan kekayaan yang kita miliki saat ini, dan aspek-aspek lain yang baru bisa diketahui ketika saya bertemu dengan klien saya.

Ora Et La’ bora..

One thought on “Berhitung untuk Masa Depan

  1. Salam Ora Et La Bora, ya bora, bora bori…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s