Resiko Jika Way nya Bus Way dipakai oleh kendaraan lain

Bisa jadi aku yang ketinggalan zaman. Ceritanya tadi pagi sewaktu menuju kantor, mobilku berhenti tepat di depan pintu shuttle Bus Way (di luar jalur Bus Way) karena menunggu lampu lalin hijau.  Ketika itu pintu shuttle masih tertutup. Lalu selang beberapa saat ada mobil lain di sebelah kananku yang melintas di jalur Bus Way, dan berhenti tepat di sebelah mobilku. Aku lihat pintu otomatis shuttle Bus Way itu bergerak membuka. Ku pikir karena ada Bus Way dari arah berlawanan yang berhenti mungkin pintu terbuka di dua sisi. Tapi ketika Bus Way yang dari arah berlawanan itu jalan, pintu di sisi kiri di mana aku berhenti di depannya masih terbuka. Aku sempat mikir …”kenapa ya? ” kan sayang udara dingin dari AC nguap begitu aja…  (eh ada AC nya ga sih di shuttle Bus Way). Setelah aku amati, baru aku tau bahwa penyebabnya adalah mobil yang berhenti di sebelahku yang berada di jalur Bus Way. Karena, ketika mobil pribadi di sebelahku itu bergerak, pintu shuttle tertutup, dan belum selesai menutup pintunya terbuka lagi karena ada mobil lain lagi yang berhenti.  Hmm….berarti sensornya mendeteksi jika ada benda berhenti di titik sensor, maka pintu terbuka.

Tapi aku pikir sayang aja tuh…soalnya kalau dalam keadaan macet, pintunya pasti terbuka terus. Mending usah pake pintu electronic. Atau jalur Bus Way nya jangan dipakai oleh kendaraan lain. Trus…supaya ga macet armadanya harus ditambah, supaya banyak yang pelan-2 ninggalin kendaraan pribadi.

Leave a Reply

