Pemerintah Bakal Mempercepat Pembelanjaan Anggaran 2009

Judul asli di tabloid KONTAN tentang ini adalah “Ayo, Percepat Pembelanjaan Anggaran”…Dasar pemikirannya adalah konon kehadiran proyek-proyek pelat merah dipercaya akan menggerakkan roda perekonomian…. Pertanyaan saya “BENARKAH ???” Saya sendiri berpendapat bahwa ini hanya akan menguntungkan oknum dan hanya sektor tertentu…dan ini tidak menyentuh perekonomian rakyat sama sekali. Yang tersentuh hanya perekonomian konglomerat.

Katanya lagi percepatan pembelanjaan anggaran ini bakal menjadi sumber likuiditas di tengah kondisi seretnya likuiditas global. Kemudian pemerintah memulai cara percepatannya dengan merevisi KEPPRES 80/2003 tentang Pengadaan Barang dan Jasa oleh Pemerintah, yang akan mengubah tentang “waktu proses tender”. Wapres JK bilang, bahwa tender tidak lagi butuh waktu selama dua bulan.

GAWAT…. padahal waktu terlama dalam proses tender itu adalah seleksi dan pemasukan dokumen penawaran. LHA….kalau dipercepat…bukankah malah menyebabkan adanya KOLUSI pada PRA PELAKSANAAN TENDER. Sehingga bisa jadi siapa yang paling dekat dengan pejabat pembuat komitmen, dia lah yang bakal pegang proyek…. LALU???? apa untungnya buat pebisnis lainnya?

DAN … yang saya makin tidak mengerti…BAPPENAS mengizinkan setiap kementrian dan lembaga menggelar tender mulai November 2008, meskipun Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran tahun 2009 belum diteken, atau alias Anggaran belum 100% di setujui.

NAH…kalau dikaitkan dengan judul lain di tabloid Kontan yaitu “Bersiap Menutup Lubang dengan Berburu Utang”… dimana di situ disampaikan bahwa APBN 2008 defisit Rp. 94,5 triliun., dan sekarang pemerintah sedang melirik ke Timur Tengah untuk cari utangan.

JADI dengan kata lain….sudah defisit tapi masih nambahi pengeluaran yang  seharusnya dibelanjakan di tahun 2009. Saya jadi bertanya-tanya  “Apakah ini bukan tindakan ketakutan dari kementrian atau lembaga yang pejabatnya punya perusahaan? “.Ketakutan kalau perusahaannya tutup, jika krisis finansial global yang makin menghantui ini terjadi puncaknya di medio 2009. Jadi, mereka ingin mengeruk dulu di awal sebelum puncak krisis terjadi”.

Kalau memang begitu motivasinya atau yang mendasari ajakan mempercepat pembelanjaan anggaran 2009, maka saya mau bilang bahwa pemerintah sedang melakukan tindakan PANIK, dan keputusan yang diambil hanya sekedar supaya aman “UNTUK SESAAT”.

Mungkin karena buat mereka pekerjaan yang paling gampang dan mengasyikkan adalah membuat KEPPRES, membuat PP, membuat amandemen, dan macam-macam tulisan yang sifatnya menguntungkan pejabat sendiri.  MasyaAllah…. nyebut pak…nyebut!!!!

One thought on “Pemerintah Bakal Mempercepat Pembelanjaan Anggaran 2009

  1. otonesia says:

    Iya, kayaknya ini langkah panik sesaat nan sesat belaka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s