Makin Tua Makin Mesra

Hari ini saya mendapatkan beberapa pemandangan yang serupa yang membuat saya tersenyum sambil berpikir bagaimana saya nantinya? Pemandangan yang saya maksud adalah ketika saya mengikuti misa saya merasa dikelilingi oleh pasutri (pasangan suami istri) yang sudah “sepuh”. Ada yang berusia 60an, ada yang 50an bahkan kayaknya salah satu ada yang berusia 70an. Mereka terlihat sangat dekat dan mesra, saling tersenyum, saling berbisik, saling memperhatikan. Rasanya damai sekali melihat pasangan-pasangan itu. Beda dengan kalau saya melihat pasangan muda yang mungkin baru menikah 3-20 tahunan. Jarang ada senyum diwajah mereka.

Rupanya pemandangan itu masih saya dapatkan ketika saya mampir belanja di Superindo – Kalimalang. Saya ketemu 2 pasang pasutri yang mungkin sudah berusia 60an. Mereka saling menuntun, berjalan seakan tidak mau terpisah.

Lalu saya teringat, rasanya saya pernah membaca bahwa semakin senja usia pasangan, semakin mesra pasangan itu. Saya mencoba merenungkan, apa iya ya?  Hmm…tapi masuk akal juga… dan saya temukan kata kuncinya adalah “saling membutuhkan”. Para pasutri yang sudah berusia senja, sudah tidak bisa lagi bebas pergi kemana-mana karena mungkin sudah cepat lelah, mungkin mereka mempunyai penyakit tertentu sehingga membuat mereka merasa lebih nyaman di rumah. Nah kalau sudah begitu, ya…mau bergantung pada siapa lagi kalau bukan pada pasangannya. Selain itu satu hal yang membuat mereka lebih akrab adalah bahwa sekarang ini mereka tidak lagi bersama anak-anaknya, karena anak-anak sudah lepas membentuk keluarga baru. Jadi mereka kembali lagi seperti pengantin baru…dan pikirannya mungkin sudah lepas bebas karena sudah tidak lagi memikirkan kebutuhan anak-anaknya.

Beda dengan pasangan muda, wajah-wajah mereka terlihat tegang, tidak relaks….(kayaknya termasuk saya nich….hehehe). Pasangan muda lebih banyak pikiran…mungkin karena masih dalam masa perjuangan membesarkan dan memdidik anak-anaknya.

Hmmm….memikirkan pemandangan indah itu membuat saya merasa terhibut dan tidak takut memikirkan masa tua saya nantinya. Semoga Tuhan selalu memberi kedamaian dan kebahagiaan.

8 thoughts on “Makin Tua Makin Mesra

  1. qutilang says:

    salam kenal mbak,
    sama mbak saya juga sering melihat pasangan2 seperti itu. mudah2an masa tua juga seperti mereka.

  2. Iya, Mbak. Ingin rasanya bisa mesra selama hidup.

  3. chocovanilla says:

    Jadi ingat pasangan alm. Eyang saya. Mereka romantiiiis sekali. Bahkan ketika jatuh sakit yang satu tidak ingin meninggalkan yang lain. Lalu mereka berdoa agar Tuhan mengambil mereka bersamaan. Indahnya…..

    Semoga kita bisa menjadi seperti mereka.

    Seusia kita emang lagi banyak stress…..

  4. Ferry ZK says:

    barangkali yang terbesar adalah saling menghargai dan menyayangi coz ketika usia senja biasanya ego pribadi mulai luntur dan pasangan hidup sudah seperti anggota tubuh sendiri sehingga tanpa sadar rasa saling membutuhkan sudah bukan dibungkus oleh ego tapi oleh kasih sayang…

  5. Karoline says:

    Iya neh bu Lina, kalo liat orang2 yang sudah berumur memang keliatan lebih mesra…mungkin karena ga ada beban. Beda ama yang masih usia produktif….kalo dipikir2 kok jadi menyedihkan kan

  6. Markus says:

    Olin, menurutku bukan karena enggak ada beban.. beban pasti ada, namanya juga hidup.. sebagai orang tua mereka pasti tetep khawatir kalau anaknya lagi ada masalah..

    cuma karena sudah tua.. apalagi yg umurnya dah 70an keatas, kecenderungannya kan sudah “tidak punya siapa2 selain pasangannya”, misal banyak teman yang sudah meninggal, udah tidak memiliki kekuatan fisik untuk perjalanan jarak jauh untuk bertandang ke rumah teman, dll.

  7. lyntrias says:

    hmmm…semua opininya bener kok..

  8. Ahmad says:

    wah, tulisannya bagus sekali tuh. cocok untuk direnungi.
    salam kenal mbak! mampir donk ke gubuk saya…

Leave a Reply

