Blueprint Indonesia Inc. Ver. 2.0

Majalah Swa edisi 11/XX/29 Mei – Juni 2008, mengulas tentang Blueprint Indonesia  Inc. Ver.2.0, periode 2010-2030. Di situ ada tabel lompatan Bisnis Nasioanal 2010-2030. Luar biasa!!! Indonesia akan menuju 10 besar ekonomi dunia dan mentargetkan di urutan ke 6 atau 7.

Saya senang sekali melihat hal ini. Memang rancangan atau visi ini bukan hal yang baru. Tapi melihat data yang disajikan dan dasar pemikirannya, saya rasa ini bukan hal yang mustahil. Saya yakin meskipun sekarang ini keadaan Indonesia morat-marit, tetapi kalau semua pihak ikut memikirkan bagaimana cara mencapai visi tersebut, mungkin tidak perlu waktu 20 tahun untuk mencapainya. Kalaupun baru tercapai di tahun 2030 saya berharap masih bisa menikmatinya.

Yang terpenting sekarang, bagaimana visi itu sampai ke seluruh rakyat Indonesia bukan hanya ke pembaca Swa atau kalangan atas. Biar bagaimanapun seluruh rakyat Indonesia harus ikut ambil bagian untuk mewujudkan visi ini. Menurut saya sosialisasi visi ini harus segera dimulai dan bisa dilakukan melalui kelompok-kelompok  masyarakat. Yang jelas setiap partai politik harus mendukung visi ini dan masing-masing membuat strategi pencapaiannya. Karena yang saya rasakan selama ini, partai-partai politik cuma bisa ber-retorika tanpa hasil.

Selain itu juga Visi ini harus mengakar di benak setiap dosen dan mahasiswa. Dosen dan Mahasiswa adalah pribadi-pribadi yang dewasa dan sudah mampu berpikir sistematis. Mereka harus menyikapi Visi tersebut secara positif dan ikut ambil bagian untuk mewujudkannya.

Kemudian juga visi ini harus tertanam dalam benak para entrepreneur, dimana peran mereka sangat penting dalam pergerakan ekonomi bangsa dan peningkatan PDB. Sehingga seluruh kegiatan dan strategi bisnis para entrepreneur besar maupun kecil mengarah pada visi tersebut.

Satu hal yang membahagiakan saya, di ulasan tersebut juga ditulis 13 Mentalitas yang dibutuhkan untuk mencapai visi tersebut, yaitu Mandiri, Berpendidikan Maju, Visioner, Berorientasi Persatuan, Berkeadilan Sosial, Punya Kepedulian Sosial, Berjiwa Entrepreneur, Peduli Lingkungan, Kreatif dan Inovatif, Berdaya Saing di Tingkat Global, Berbudaya Bersih KKN, Berakhlak Baik, Siap Berubah. Kalau kita memiliki 13 mentalitas itu, berarti kita adalah salah satu aktor yang akan berperan dalam skenario perwujudan Visi bangsa Indonesia.

Salam nasionalisme!!!

3 thoughts on “Blueprint Indonesia Inc. Ver. 2.0

  1. bayu.an says:

    semoga kita bs menjadi salah satu aktor didalamnya…
    blog-nya oke bu lina…

    bayu

  2. Reni says:

    Kira2 2030, Presidennya siapa yah?
    Seneng bgt baca ulasannya..berharap segera klo kita bisa mengangkat tinggi2 dagu kita ketika pergi ke Spore, yang selama ini selalu dianggap bangsa tekawe..😀

  3. Bune says:

    Salam kenal mba Reni,

    Kalau gitu kita jangan sampai salah pilih Presiden dan terutama anggota legislatif kita.
    Taruhlah kita ga salah pilih Presiden, tapi anggota legislatif kita itu lho…yang sekarang ini saya masih merasa mereka itu berlomba-lomba mencalonkan diri hanya untuk UANG…
    Duh…sedih deh…korupsi dari proyek-proyek yang mereka anggarkan tuh…sampai sekarang masih aja terjadi.

    Salama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s