Juara Kelas Kok Ngga Kaya ?

Ketika itu kami para dosen sedang duduk bersama sambil membuat obrolan ringan di ruang tunggu menunggu jam mengajar tiba. Seorang dosen yang telah selesai mengajar meluangkan waktunya untuk sholat magrib.

Selesai sholat, pak dosen tiba-tiba berkata “Saya itu sudah salah menduga tentang masa depan saya. Saya sempat membayangkan bahwa saya akan menjadi orang kaya raya karena saya selalu berpredikat JUARA ketika saya duduk di SMP, SMA dan di universitas. Tapi rupanya bayangan saya itu salah dan saya tetap saja seperti ini”, kata dosen itu dengan sambil tersenyum.  Dosen yang lainnya termasuk saya cuma bengong dan
mengangguk-angguk. Baru saya mau komentari….eh si pak dosen sudah pamit mau pulang.

Hmmm….pernyataan si bapak cukup menggugah empati.Aku coba renungkan dan berikan sharingku di sini.
Aku selalu memberi motivasi kepada mahasiswaku bahwa nilai bukanlah segalanya. Yang dibutuhkan untuk menjadi sukses adalah kreatifitas-kerja keras-kerja cerdas-network-friendship-kerendahan hati.

Ada anekdot yang selalu kusampaikan ke mahasiswa yaitu

  • Berbahagialah anda yang lulus dengan nilai A karena anda akan menjadi tenaga akademisi dan profesor yang hebat
  • Berbahagialah anda yang lulus dengan nilai B karena anda akan menjadi CEO dan Professional yang handal
  • Berbahagialah anda yang mendapat nilai C atau D karena anda akan menjadi pengusaha yang hebat

Selain itu, yang sering tidak saya temui dalam diri mahasiswa saya adalah VISI dan MISI pribadi mereka. Kebanyakan mereka maunya mengalir saja tanpa tujuan yang jelas. Sangat disayangkan memang. Itu sebabnya saya sangat senang mengajar Entrepreneurship karena saya dapat memasukkan motivasi hidup untuk mereka. Terutama agar mereka mempunyai Visi, Misi dan strategi dalam menjalani kehidupan sehingga langkah mereka untuk mencapai masa depan bisa terarah.
Nah, dalam kasus teman saya (si pak dosen) tersebut, saya melihat bahwa beliau sudah punya visi tetapi visi itu belum jelas dan juga belum didukung misi dan strategi. Sehingga tindakan yang dilakukan tidak selaras dengan visinya.

Jadi betapapun hebatnya kita dimasa muda, kalau kita melewatkan hari-hari tanpa strategi yang jelas dan terukur…bisa dipastikan ketika kita tua, kita hanya bisa bilang…seandainya dulu saya begini, begitu dan sebagainya.

Yuk…..mulai sekarang mari kita ciptakan visi, misi dan strategi dalam sisa waktu hidup kita, belum terlambat kok. Dan mulailah memberikan motivasi dan masukan positif tentang masa depan kepada anak-anak kita.

Salam sukses

9 thoughts on “Juara Kelas Kok Ngga Kaya ?

  1. mbelgedez says:

    Mangkanya sayah sukak geli kalok liyat mahasiswa sekarang nyang sukak demo- demo ndak jelas juntrungnya, ato berantem kroyokan antar fakultas dalam satu universitas…..

    Menunjukkeun bahwa otak mereka levelnya mingsih ada di pantat, aliyas deket sama tokai.

    ***btw, situ kok nyindir sayah segh, doloo saat sayah kuliyah nilai tertinggi sayah B. Kebanyakan C semuwa (asal lulus).

    Pantesan sekarang Sayah Orang Nyang Ndak Ada Kerjaan….

  2. mbelgedez says:

    Ngakak lagee buwat mahasiswa nyang otaknya di pantat…..
    😆 😆 😆

  3. Wah, Mbel ini komen sendiri, nanggapin sendiri. Dasar pengusaha ngga ada kerjaan… Loh?

    (** Kabur **)

  4. lyntrias says:

    Hehehe…
    mas Mbel..itu berarti bukti bahwa benar yang nilainya C akan jadi pengusaha sukses yang akibatnya jadi kurang kerjaan….Soalnya nyang nilainya C atau D itu biasanya akalnya banyak…dan suka ngakali….cerdik gitu lho… Jadi kerjaannya cuma ngakal-ngakali…

    Sukses buat mas Mbel…

  5. karoline says:

    Memang hal yang sulit banget melihat sebenarnya hidup kita mau dibawa ke mana sih, apa yang bener2 membuat kita bisa bahagia. Mungkin buat sebagian orang hal itu sudah tersusun dari dia kecil tapi untuk orang kebanyakan..ya itu tadi cuman mengalir mengikuti arus. Saya sendiri sedang berusaha mencari arah yang bener, dan kayanya sudah ada setitik cahaya..walau masih redup, masih perlu kerja keras untuk bisa mencapainya ^_^

  6. chocovanilla says:

    Bune, kalo yang nilainya C+ gimana dong? He…he… ternyata …..tetep mentok.

  7. bune says:

    hik hik….itu ngejawab komennya mas mbel di atas

  8. bune says:

    hushh….jangan ada yang tersinggung ya… namanya juga anekdot…

  9. hherawati says:

    Mau jadi pengusaha yang hebat? Nggak perlu nilai bagus emang, bahkan nggak perlu sekolah.. hehe…. emangnya pengusaha mana yang lulusan sekolah bagus di indo? Bill Gate aja DO kok! Yang kerja sama dia, malah kuliahnya sampe S3… ntar jadi S Teler!hihi

Leave a Reply

