RAT XXII Koperasi Bina Seroja

sampul-rat.jpgMinggu 23 Februari 2008, saya menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Bina Seroja. Ini merupakan keikutsertaan saya yang kedua dalam RAT karena saya baru menjadi anggota koperasi ini awal tahun 2007. Saya senang dan merasa wajib menghadiri RAT karena koperasi ini adalah milik saya. Sebagaimana prinsip koperasi, RAT adalah jenjang tertinggi dalam struktur organisasi koperasi, karena anggota adalah juga pemilik dari Koperasi. Lebih jauh mengenai perkoperasian akan saya ulas tersendiri lebih lanjut.

Koperasi Bina Seroja adalah salah satu Koperasi Kredit (Kopdit) yang tergabung dalam wadah Credit Union (CU) yang bermarkas di Jerman yang tetap memperhatikan asas perkoperasian yang telah dicanangkan pada Kongres Koperasi 12 Juli 1947. Kopdit Bina Seroja yang pada awal berdirinya hanya beranggotakan 20 orang, saat ini telah mencapai 1296 orang dengan total asset lebih dari 16milyard.

rat-01.jpgRAT tahun ini merupakan RAT yang istimewa karena selain pertanggungjawaban kegiatan tahun 2007, juga dilakukan pemilihan pengurus dan pengawas untuk periode 2008 – 2013 sehubungan dengan berakhirnya masa jabatan pengurus lama. Menurut Ibu Katherine, pengurus periode sebelumnya , dalam obrolannya dengan saya mengatakan bahwa panitia pemilihan pengurus periode ini sangat selektif dimana dalam interviewnya kepada para calon pengurus sangat detail.
Maklumlah karena sekarang anggotanya lebih banyak dan panitia mengembang tanggung jawab terhadap seleksi calon.

rat-02.jpgRAT ini berlangsung dinamis dan tertib. Pemilihan secara demokrasi dan musyawarah tercermin di sini. Hal ini terlihat juga ketika pemanggilan nama calon pengawas, rupanya ada 2(orang) yang telah bersedia mencalonkan diri sebagai pengawas mendadak terhalang untuk datang. Akhirnya setelah melalui perdebatan yang seru, rapat memutuskan bahwa calon tersebut dinyatakan gugur.

Akhirnya proses pemilihan dan penghitungan suara berjalan lancar meskipun berlangsung hampir 4 jam. Dan terpilih lagi Ibu Katherine, Ibu Dyah, Bp. Fajar, Bp. Imawan sebagai pengurus periode 2008 – 2013. Pengurus baru ini mengemban tugas dari anggota yang cukup berat karena harus mencetak SHU tahun 2008 ini sebesar Rp.500jt.

Selamat untuk para pengurus baru, semoga Kopdit kita tercinta mampu mewujudkan masyarakat sejahtera.

Tuhan memberkati

16 thoughts on “RAT XXII Koperasi Bina Seroja

  1. Dewo says:

    Aku ikutan koperasi dong…

  2. FraterTelo says:

    semoga semakin banyak orang yang ikut CU, sebuah gerakan ekonomi rakyat yang sangat ampuh. Saya kemarin juga dapat undangan RAT, tapi sayang tidak bisa hadir karena sedang ke luar kota. Oh ya, CU saya namanya CU Bererod Gratia. Kantor PUsatnya di Cikini (sekantor dengan KWI)

  3. lyntrias says:

    Dear Dewo
    Yuk ikutan…

    Dear Frater,
    Semoga ya…yuk kita doakan agar CU tetap menjadi andalan dalam gerakan ekonomi kerakyatan.
    Hidup CU Barerod !!! Hidup CU Bina Seroja !!!

  4. sumarwan, sj says:

    Mas Dewo,
    boleh tanya ndak. Berapa Anggota CU Bina Seroja sekarang ini dan berapa asetnya. Minggu lalu saya sempat melihat beberapa CU di Kalimantan. Menarik sekali. Kalau berminat mendapat ceritanya, nanti saya kirim via email.

    salam

    sumarwan,sj

  5. AN Saputro says:

    Membaca berita dan komentar tentang CU ini cukup menarik. Rupanya banyak orang yang mendukungnya.

    Saya dapat kabar dari salah satu staff CUBG (CU Bererod Gratia) bahwa CU ini sudah membuat sebuah blog yang dinamai cubg.blogspot.com dan mailing list yang bernama cu_bererod_gratia@yahoogroups.com
    Mari segera kita kunjungi, dan ramaikan diskusinya.
    Terus yang paling penting, mari kita jaga dan awasi supaya kinerja para pengurus serta stafnya berjalan dengan baik.
    Sebab jika organisasinya berjalan dengan baik maka dapat diharapkan lembaga ini akan semakin maju.

    Wasalam,
    Nendro

  6. cholid says:

    Saya mau bergabung menjadi anggota Koperasi Bina Seroja, Bagaimana caranya ya, Tolong dong beri tahu caranya ?….. thanks ya.

  7. bune says:

    Salam kenal pak cholid,

    Untuk menjadi anggota CUBS silakan menghubungi Ibu Susiana / Rosa di 021-80884610
    Hanya butuh isi formulir dan referensi dari RT tempat tinggal setempat.

    Kami tunggu pak

    Terimakasih

  8. CUBS says:

    Hai semua…. salam kenal…
    Salam CU..!!!

    Mari kita ramaikan peran CU di Indonesia, Jakarta khususnya…
    Jakarta sebagai pusat fasilitas, juga mampu memfasilitasi masyarakat untuk belajar memberdayakan dirinya melalui budaya ber-CU. siapa berminat?? silahkan hubungi kami..

  9. Sie says:

    Hallo Rm. Sumarwan, SJ

    Sedikit info tentang CU Bina Seroja Jakarta.

    Saat ini kami sudah melayani lebih dari 3000 anggota. CU Bina Seroja sudah ambil peranan dalam pemberdayaan masyarakat lebih dari 22 tahun. mengenai CU di kalimantan, kami juga mengakui kemajuannya.. namun seperti pepatah lain padang lain ilalang, lain lubuk lain ikannya …
    perkembangan CU dimasing-masing daerah memiliki ke-khasan dan tantangan masing-masing juga.

    yang penting… hidup CU..
    Salam kenal dari kami Tim MCU (Member Care Unit) CU Bina Seroja, Jakarta

  10. Marwan says:

    Terimakasih atas informasi tentang CU Bina Seroja… Benar kita mesti bergerak bersama mengembangkan CU, apa pun CU kita. Maju terus CU Bina Seroja. Moga-moga ada kesempatan untuk tukar pengalaman.

    Marwan, SJ

  11. Sie says:

    Rm Warwan,

    kemarin ada aktivis PSE paroki Blok Q yang minta CU Bina Seroja motivasi calon anggota di paroki yang romo pimpin.. apakah sudah sepengetahuan Rm??

    bagiamana mengenai perijinan? harus di tujukan kepada siapa??Trims

  12. sumarwan, sj says:

    Yang datang Ari Purnomo ya? Ari memang bercerita bahwa ia menjadi anggota CUBS. Saya ikut senang. Tapi kalau soal motivasi calon anggota di Blok Q, kami belum bicara. Persisnya juga bagaimana?

    Apabila acara itu dilakukan di CUBS sih tidak ada soal. Tapi kalau di Blok Q, tunggu dulu deh. Saat ini kami baru mensosialisasikan CUBG. Kalau CUBS masuk juga, nanti malah umat bingung dan kesannya kita rebutan anggota.

    Kalau nanti umat sudah semakin melek mengenai CU dan sudah bisa melihat kekhasan masing-masing CU, saya rasa CUBS bisa juga datang ke Blok Q. Tidak masalah, toh tujuan kita adalah menyejahterakan masyarakat.

    O ya, di lingkungan-lingkungan di Blok Q sebenarnya juga ada banyak CU (Koperasi Kredit) tingkat RT-RW.

    Saya senang kalau suatu ketika dapat tukar pikiran dan pengalaman mengenai CU dengan para aktivis CU Bina Seroja.

    Salam, Marwan

  13. Sie says:

    Ya betul.. yang datang mas Ari. tapi belum mendaftar koq. baru tanya2 aja.

    Soal motivasi, kami juga tidak mau meninggalkan kesan rebutan. saya hanya konfirmasi, karena ide itu justru datangnya dari mas Ari.

    memang, kalo blok Q sedang sosialisasi CUBG, sangatlah tidak bijaksana bila tiba2 CUBS datang dan cuap-cuap.. hehe….

    pokoke ndak masalah buat kami…

    wah.. dengan adanya CU2 di lingkungan2, pasti CUBG lebih mudah menjangkau umatnya…

    tukar pikiran / pengalaman? silahkan saja… kami sangat terbuka untuk itu. Trima kasih ya Rm..

    Salam, Sie

  14. Norberta Yati L says:

    Lagi mampir, penegn ketemu Vinces, susi, Imawan, dan semuanya deh, selamat berjuang untuk CU. Aku mau belajar dari kalian juga. Boleh kan ?

  15. Bambang Supriadi says:

    Saya Bambang Supriadi. Mohon arahan Pengurus/Pengelola apakah ada peluang Koperasi Bina Seroja mengoperasikan cabang pemasaran di Pasar Minggu? Saya memiliki lokasi kantor di tepi jalan barangkali dimanfaatkan. No hp sayya 08128555911. Terima kasih.

  16. Akan diadakan Rapat anggota tahunan ke XXVIII Tahun buku 2013 pada Minggu 23 Februari 2014 pukul 8.00-16.30 di GOR Gelanggang Remaja Jakarta Timur Jl. Otto Iskandar dinata Jakarta Timur, untuk kehadirannya sangat diharapkan agar terpenuhi persyaratan kuorum rapat anggota.
    Yang pasti doorprize menarik menunggu anda.Undangan rapat anggota

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s