Satu Nusa Satu Bangsa Satu Bahasa

Melankolis dulu ah…..

Hari ini 79 tahun yang lalu tercetus sumpah pemuda dala Kongres Pemuda II . Ihik..ihik… udah lama banget yak!!! Kalau dulu yang ikut kongres usianya 20an tahun, jadi sekarang kalau ada yang masih hidup usianya 99 tahun.

Luar biasa ya…. perjuangan para pemuda Indonesia untuk menyatukan bangsa Indonesia yang berada di tempat yang terpisah oleh lautan. Syukurlah hasil perjuangan 79 tahun yang lalu, sampai saat ini masih terjaga. Saat ini Bangsa Indonesia tersebar di 33 propinsi  dan semuanya masih mengakui Tanah Air yang satu, Bangsa yang satu dan Bahasa yang satu yaitu Indonesia. Meskipun demikian tidak dapat dipungkiri bahwa masih ada daerah-daerah tertentu masih belum ikhlas 100% bahwa mereka adalah bangsa Indonesia, dimana ketidak-ikhlasan ini dipicu oleh egoisme pribadi. Bukan saja egoisme dari daerah tersebut, tetapi juga egoisme dari pemerintahan pusat. Daerah yang dimaksud mana…kayaknya ga perlu disebut ya… udah tau sendiri kan?

Nah…kalau sifat egois ini masih saja muncul di dalam diri para pemimpin bangsa, baik pemimpin pusat maupun daerah bisa jadi cita-cita para pemuda yang mengikrarkan Soempah Pemoeda hancur. Huhuhu….sedih dehh…. Kalau soal satu bahasa okelah…. pasti itu bisa dijaga, tapi ya…kalau rasa nasionalisme makin berkurang dan budaya luar terlalu bebas masuknya…jangan nyesel ntar kalau tiba-tiba bahasa Indonesia hilang. Lalu, bagaimana dengan Satu Nusa….? Nah, kalau nanti banyak yang salah persepsi tentang otonomi daerah atau tidak puas dengan pemerintahan pusat, bisa saja satu Nusa akan jadi beberapa nusa… Lalu, bagaimana dengan Satu Bangsa…. hmmmm lagi-lagi pasti terancam kalau satu nusa jadi beberapa nusa yaa…. bisa jadi bahasa Indonesia sudah tidak laku lagi di daerah. Iiih…. jangan sampai deh kejadian.

Kalau gitu, pe er kita bersama yang masih merasa pemuda…untuk menjaga keutuhan bangsa Indonesia. Dan tugas para pemimpin bangsa untuk memimpin bangsa ini dengan semangat juang yang tinggi untuk kesejahteraan bangsa. Cuma sayangnya sekarang ini, mental para pemimpin bangsa dan para aparat pemerintah sudah mental karyawan. Tidak ada yang bermental entrepreneur.

Udah ah..ngomongnya jadi ngelantur, yang penting…sekarang kita masing-masing berupaya untuk menjaga cita-cita Soempah Pemoeda. Sebab, kalau nanti terjadi disintegration bangsa…baru deh nyesel…trus ngungkit-ngungkit masa lalu.

Oke deh…selamat berjuang untuk semua pemoeda Indonesia. Salam persatuan bangsa!!!

7 thoughts on “Satu Nusa Satu Bangsa Satu Bahasa

  1. Wah… aku lupa kalau hari ini hari Sumpah Pemuda. Maklum, aku belum nyalain TV sehingga tidak tahu berita apa pun.

    Salam persatuan bangsa juga.

  2. mbelgedez says:

    Mungkin nyang ada sekarang Sampah Pemuda…

    Alias banyak pengangguran…..

  3. Ferry ZK says:

    satu nusa… satu bangsa… tapi sorry ya gak satu APBD, klo urusan itu seh mending kita pisah aja buat profinsi baru pan lumayan ada lahan korupsi baru he.. he..

  4. Ferry ZK says:

    bune salah besar kalau pemimpin kita bermental karyawan yang bener bermental penjajah mau dilayani gak mau melayani, mau dihargai gak mau menghargai, mau fasilitas gak mau memfasilitasi, mau dapet upeti gak mau cari solusi, apalagi kreasi.. * halah *

  5. Bune says:

    Iya…menyedihkan…
    Trus mau kemana nih…para pemuda kita. Yang ada juga pada nyelametin perut masing-masing…
    Kayaknya LSM harus semakin diperbanyak. Tapi LSM betulan….

    Mas MbelgedeZ,
    iya ya…kalau Sampah Pemuda tambah berjibun bisa-bisa jadi Sumpah Serapah Sampah Pemuda…
    hehehe….

  6. benbego says:

    satu blog, satu wordpress, saaaa……
    salam kenal! From http://pcmavrc.wordpress.com

  7. so_cute says:

    Jangan jadi Sumpah Serapah Sampah Pemuda dong… kasihan pemuda kita tidak ada yang memberi contoh.

    Soalnya dari orang tua yang baiklah akan keluar pemuda yang baik pula. Dan dari pemimpin yang baik, akan keluar calon-calon pemimpin yang lebih baik, setuju???

    Nah sekarang, bagaimana kita2 ini bisa menjadi contoh kalau pemudanya di sumpah serapah terus??? kasihan kan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s