Pengalaman pertama mengajar

Tanggal 29 April 2006 adalah hari pertama saya mengajar mahasiswa untuk matakuliah Ek.SK, Koperasi dan Kewirausahaan. Lumayan nerves, soalnya saya tahu keterbatasan saya yaitu sering lupa dan suara saya kata beberapa orang datar sehingga bikin ngantuk.

Untunglah Dewo yang sudah punya pengalaman dosen lebih dulu, memberi saya motivasi dan dorongan agar saya lebih dulu menguasai suasana dan menciptakan situasi dimana saya sudah bisa diterima oleh mereka. Untuk materi biasanya akan mengalir dengan sendirinya. Wah….padahal itu justru yang paling sulit. Tapi dari beberapa tips yang saya dapatkan dari Dewo maupun dari buku-buku saya kira-kira tahu apa yang akan saya lakukan dan katakan pada saat menghadapi mahasiswa pertama kali. Tak lupa pak Darmo pemilik perusahaan tempat saya bekerja juga memberikan masukan-masukan yang cukup berharga buat saya, bahkan saya dibelikan buku mengenai teknik presentasi yang sukses. Terimakasih untuk Dewo dan pak Darmo.
Masuk kelas pada hari pertama cukup membuat saya deg-degan walaupun saya sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin. Saya datang ke kelas ternyata kelas belum terisi penuh. Mahasiswa yang terdaftar dalam kelas saya ada 40 orang tetapi yang ada di dalam kelas cuma 15 orang. Lho…kemana yang lain? Lalu diluar dugaan saya, mahasiswa yang saya hadapi sebagian besar berusia lebih tua dari saya. Hal ini cukup membuat saya miris. Tapi saya mencoba tetap tenang dan mencoba menguasai diri. Akhirnya setelah menyapa yang ada di kelas, saya duduk di meja dosen lalu menebar senyum dan mulai ngobrol tentang mereka sambil menunggu mahasiswa yang lainnya datang.

Akhirnya setelah saya perkirakan jumlah mahasiswa sudah lebih dari separuh, saya mulai dengan memperkenalkan diri…yang dilanjutkan dengan perkenalan dari mahasiswa. Kemudian saya lanjutkan dengan membahas silabus. Setelah itu saya menggali minat para mahasiswa terhadap matakuliah ini dan apa yang mereka harapkan dari saya sebagai pengajar. Lalu saya pun menyampaikan kepada mereka apa yang saya harapkan dari mereka sebagai mahasiswa…..dan seterusnya sehingga akhirnya semua mengalir dengan sendirinya.

7 thoughts on “Pengalaman pertama mengajar

  1. jsofian says:

    segala sesuatu yang baru pasti dimulai dengan deg degan, percaya deh mbak lina bisa. Pengen juga nih jadi mahasiswanya🙂

  2. dewo says:

    Hemmm… Jangan-jangan perkenalannya yang lama. Jadi inget masa kuliah…

    Semoga sukses.

  3. Lina Tri Astuti says:

    Thank you JSofian…kapan ya jadi mahasiswa saya🙂
    Thanks juga tuk Dewo

  4. ririsatria says:

    Selamat datang di dunia akademik …
    Salam
    Riri

  5. lina says:

    Trimakasih pak Riri….jadi suennenng buanget…nih dapat comment dari Master of Master…

  6. patio enclosure

    patio enclosure

Leave a Reply

