Catatan untuk Tesisku

Terasa sungguh melelahkan menjalani proses pembuatan Tesis yang memakan waktu hampir dua bulan. Sebenarnya prosesnya sudah dimulai sejak bulan April 2005. Masa April 2005 sampai September 2005 adalah proses kegiatan penerapan Balanced Scorecard di PT. Indodrinks. Sedangkan masa Oktober 2005 sampai Nopember 2005 adalah masa penulisan tesis. Ternyata menuangkan kegiatan kedalam tulisan ilmiah lumayan rumit. Sebab banyak aturan baku yang harus diikuti. Wajar sih, kan ini bukan novel.

Tesisku bukanlah tesis yang luar biasa. Tetapi aku belajar banyak dari pembuatan Tesis ini. Yang pertama adalah bagaimana suatu teori manajemen diterapkan di perusahaan yang praktis tidak pernah menerapkan ilmu-ilmu manajemen. Yang kedua adalah bagaimana mempertahankan keutuhan tim (tesisku dikerjakan secara tim yang terdiri dari 3 orang yaitu Aku, Dewo dan Netty). Kerja dalam satu tim dimana setiap anggota tim memiliki keunikannya sendiri-sendiri, membutuhkan pengertian dan kesabaran yang cukup tinggi. Yang ketiga, dalam penerapannya di perusahaan mau tidak mau aku membaca banyak teori manajemen yang aku juga sudah lupa untuk diajarkan kepada para manajer perusahaan. Yang keempat, dengan menerapkan Balanced Scorecard ini aku jadi nambah kenalan seorang konsultan BSC Bp. Riri Satria dan Bp. Sofian temannya Dewo yang juga ikut andil dalam memberikan input mengenai penerapan BSC. Yang kelima, aku jadi dekat dengan bu Yanki, dosen yang ahli dalam bidang SDM yang sudah kuanggap sebagai kakak, teman; yang selalu memberi semangat supaya kami cepat menyelesaikan tesis. Yang keenam, aku harus bisa membagi waktu dengan baik untuk keluarga (yang dalam masa penulisan terpaksa harus diberi porsi yang paling sedikit); untuk pekerjaan; untuk kegiatan sosial yang tidak bisa ditinggalkan. Dan masih banyak lagi yang kalau ditulis ntar kepanjangan.

Satu hal yang cukup membuat aku sedih dalam proses pengerjaan tesis ini adalah adanya unsur rasa tidak percaya dari keluargaku. Mereka curiga aku cuma mau ngelama-lamain waktu supaya aku bisa terus happy-happy di kampus dan ngga mikir keluarga. Memang sih waktu aku mau ambil S2 aku ngga terlalu dapat dukungan. Mereka mempertanyakan untuk apa ambil S2?; memangnya bisa dipakai ditempat kerja?; terus kalau udah lulus memangnya kamu mau ngapain? dan macam-macam komentar yang nyebelin. Tapi itu semua justru memperkuat tekadku untuk terus lanjut dan berjuang. Juga di tempatku bekerja walaupun posisiku ada di level 2 pucuk pimpinan, ternyata waktu kerja yang kupakai untuk membuat tesis, mengundang tindakan indisciplinair dari para bawahanku. Eh…mereka ikut-ikutan datang siang dan sering ijin. Maklumlah budaya kerja di perusahaan tempat aku bekerja masih sangat-sangat tradisionil dan menganut paham me-too tapi me-too yang negatif. Tapi semua itu bisa kutangani dengan baik.

Dengan berbagai suka dan duka, akhirnya Tesisku bisa kuselesaikan. Hasil tesisnya bagaimana? Wah….ini dia, tesis ku belum diuji sih. Sidangnya nanti baru hari Kamis, 24 Nopember 2005. Sekarang kegiatan belajar difokuskan pada pembuatan bahan presentasi dan baca-baca lagi teori-teori yang dipakai di tesis, untuk aku khususnya teori-teori manajemen keuangan. Semoga sidang tesisku berjalan lancar dan berhasil baik.

3 thoughts on “Catatan untuk Tesisku

  1. Semoga tesis & sidang dapat segera selesai dan mendapat nilai maksimal.

    Tuhan memberkati. Amin.–>

  2. timoho says:

    Amit amit jabang bayi… dosen YK pengalaman saya cuma mempersulit mahasiswa revisi, sampai 45 kali bolak balik

  3. sukses aja deh …🙂
    btw, saya sedang mencari referensi untuk manajemen keuangangan kampus … mungkin bisa bantu?

Leave a Reply

