CINTA dan KASIH

Saya sering mempertanyakan arti kata “CINTA”, “KASIH”, “SAYANG”, “CINTAKASIH”, “KASIHSAYANG”. Saya juga pernah dengar ada yang mengatakan “Saya menyayangi dia tetapi tidak mencintainya” atau “Saya mencintai dan menyayangi kamu…” atau ” ..cintakasihku padamu kekal abadi selamanya…” atau “…kuberikan kasihsayangku seutuhnya padamu…”

Sebenarnya kelima kata itu (Cinta, Kasih, Sayang, CintaKasih, KasihSayang) artinya apa sih?

Tapi yang jelas saya cuma percaya bahwa kelima kata itu baru benar-benar terlihat nyata dalam satu kata yang berarti juga satu tindakan yaitu PENGORBANAN.
Eeeiiitt…nanti dulu ….harus diingat PENGORBANAN yang tidak didasari oleh kelima kata di atas adalah pengorbanan konyol dan manfaatnya tidak dirasakan oleh yang menerima pengorbanan.

Jadi, kayaknya kelima kata itu dalam prakteknya ngga bisa dipisah-pisah ya…. SETUJU deh.. memang harus dilakukan serentak.

Kalau ada yang ngga setuju boleh kok, kita sharing pendapat aja.

38 thoughts on “CINTA dan KASIH

  1. mang bener bgt tuch?emang percuma klo kita blg or ada blg cinta or sayang tp klo ga ada pengorbanannya bwat apa coba? percuma aja ka?klo menurut gw siy pengorbanan itu adalah bukti seberapa besar cinta or kasih sayang yg dia kasih bwat kita,….dah ah gw cuma comment itu aja ok!!!

  2. anis arya says:

    kalo menurutmu sich, cinta itu butuh pengorbanan, tanpa pengorbanan cinta tidak berarti, tul gak????
    seorang kekasih mau rela berkorban untuk kekasihnya. hehe……..
    jika ada orang yang bilang cinta ato cayang, tapi ia kaagk mau berkorban, ya…………..itu artinya ia kagak cinta, hehe……………

  3. Lina says:

    Betul…jadi untuk membuktikan seseorang itu benar2 cinta perlu ditest dulu sampai dimana ketulusan pengorbanannya. Tapi lebih penting lagi menurut saya…dari diri kita sendiri dulu kali ya ngetest nya. Kalau kita selalu ikhlas melakukan sesuatu untuk kekasih kita….ya berarti kita memang cinta banget. Susah juga sih kalau kita harus menilai pengorbanan dia tulus atau engga.
    O ya….percaya ngga bahwa batal antara Cinta dan Bego itu tipis…hehehe

  4. Memang bener toooooooo kalau cinta sih butuh pengorbanan tapi apa bener orang yang kita sayangin bakalan sayang ma sama dengan hati kita soooo sebenernya cinta itu bohong dan gak kan selamanya N capek de………….. cinta perlu pengorbanan.!!!!!!!!!!!!

  5. dede says:

    Gw udah berkorban segalanya buat dia, tp tetep aja cinta gw gak berbalas. Tp Gw akan terus berkorban untuk dia. Terserah orang mau bilang apa, gw tetep cinta dia

  6. Ncing epih says:

    apapun yang terjadi orang berkorban adalah upaya nya untuk menyatakan klo dia bener2 cinta. gak perlu kosa kata, gak perlu untaian kata2, gak perlu beribu bunga….kasih sayang dan pengorbanan yang tulus akan timbul begitu seseorang yang kita sayang terluka, menangis, bahkan pergi meninggalkan kita…happy valentine to my best fiends(almrhum), g baru banget sadar kalo g sayang sama lo, dan semua itu terlambat…vie

  7. aldo says:

    emang bener PENGORBANAN itu bisa dimasuk kan dalam kelima kata tersebut tapi yang harus di ingat PENGORBANAN itu butuh ketulusan yang gak akan butuh imbalan.

  8. p3ot says:

    cinta w selalu berahkir pahit.. walau w dah berkorban demi cinta tp semua ya percuma aja… walau meyakitkan w akan mencari cinta itu walau yawa w akan hilang bersama cinta itu.tp skrng w da dpt cinta itu tapi cinta w segitiga w jadi selingkuhan ya dia.. sungguh menyakitan bila w melihat dia berdua.tp w yakin bawa dia adalah cinta w yang terahir. luv u mbul q w sayang bgt ma u.. moga2 dia baca ini semua.amien

  9. dwi sularsih says:

    cinta mang butuh pengorbanan banget tp sakit banget klu di jalan kan oleh orang yang berhubungan jarak jauh.

  10. nardji says:

    kl di pikir2 cinta itu bikin kita senang…..tapi smpi saat ini ak blm mrsakn yang namanya cinta itu….

  11. emil says:

    cinta adalah,,
    dimana kita selalu berusaha membuat orang yang kita sayangi bahagia,,
    dimana kita selalu berusaha memberi yang terbaik untuk mereka……….
    mekipun kita harus bisa merelakan jika yang tebaik dan kebahagiaan itu bukalah dari kita!!!,,

  12. fepby says:

    iya,aku setuju banget dengan pendapat temen2 diatas.tapi perlu kalian inget “katakanlah cinta kepada yang hatimu katakan” niscaya itu sesuai dgn yg kita harapkan.
    Cinta kasih sayang memang perlu pengorbanan,coz pengorbanan itu adalah wujud nyata dari dari cinta kasih sayang itu sendiri.

  13. widi s says:

    smua ad batasannya..
    smua ad wktunya…
    smua ad hikmahnya..
    smua bs ad krn qt btuh orang yg mengerti kita..

  14. rajib says:

    cinta……
    emang sulit bangat kita untuk mengetahui arti cinta….
    mungkin cinta itu…dimana kita dapat ikhlas melakukan sesewatu untuk orang yang benar2 kita cintai tnpa mengharapkan imbal balik…tapi mungkin gagi kita manusia sangat sulit bget…
    n untuk mengerti arti cinta yang sebenarnya…kita kembalikan saja semuanya pada Allah,tuhan semesta alam…Dia menciptakan kita tanpa pamrih..
    so…kita belajar memberi tnapa harus minta imbal balik..
    n kalau kita bner2 sayang n cinta berarti kita juga harus ikhlas menerima apa adnya orang yg kita sayang…
    so…cinta n sayang itu adalah suatu fitrah bagi manusia..
    nikmati n syukuri rasa itu,,,

  15. diera says:

    pengorbanan….
    kata itu adalah kata yang bner2 dapat membuktikan seberapa besar cinta dan kasih sayang kita pada sang kekasih…
    n itu juga sebagai indikator,,seberapa besar keikhlasan kita untuk berkorban demi orang yang kita sayangi,,,
    tapi dari hal itu masih ada pertanyaan yang mungkin amat menyakitkan….
    gimana kalau dengan pebgorbanan yang telah kita lakukan tapi ternyata kita selam berkorban tidak dihargai sama sekali????????

  16. andree says:

    Pendapat saya cinta adalah:
    Api yg dingin & apabila yg mendekatinya
    tak akan terbakar
    Melainkan………………Terjerah

    Cintai itu adalah kenangan:
    Antara hayalan,kebencian,rindu,canda
    Kemunafikan,tangisan,dendam……..
    Semua akan menjadi satu kenangan
    Yaitu kenangan yg manis

    Kadang-kadang:
    Cinta terlalu mudah untuk di ucapkan
    Tetapi sulit untuk di mengerti oleh kita

    Kadang- kadang:
    Cinta datang tiba –tiba
    Tak dapat di rasakan oleh kita
    Kita tidak tau kapan cinta datang
    Dan kapan cinta itu pergi

  17. Arti chinta tu bnyk bwt w
    mnchintai soerang gadis terlebih dari segalany,
    trkcuali mncinthai pncipta…..
    Cynta n kasih sayank tu tiada bedany
    k2ny sm hrs tmbh dlm hty Qt
    tuk driny yg sllu qt cinta n sayangi…….!
    tp bgithu bnyk arti cinta
    asalkhan jgn mnganggp cintha
    sprti ppsoden yg stia 12 jm,,,
    sprty HIt yg stia 24 jam,,,
    Tp anggplh cinta sprty Rexona yg stya stiap saat……….

  18. Niken says:

    Menurut gue,,
    cinta itu gila banget..!!
    Dia bisa ngebuat gue nglakuin apa yg belum pernah gue lakuin,,
    dia bisa buat gue berani ngehadepin apa yg ada dihadapan gue..
    Dia,bisa mendengar apa yang orang lain belum pernah dengar,,
    hidup cinta…!!

    Pradipa_gaitsa@yahoo.com

  19. Lex dePraxis says:

    Ini adalah tulisan yang menarik. Terima kasih sudah berbagi informasi tersebut. Jika ingin tahu lebih banyak lagi tentang Cinta, silakan baca artikel Butir-Butir Cinta di blog saya. Salam kenal, sobat.

    Lex dePraxis
    Romantic Renaissance

  20. adhe says:

    Cinta ..

    adalah memberikan kesempatan orang lain untuk masuk ke dalam kehidupan mu..

    Sayang..
    Sebuah kasih sayang dapat timbul dengan spontanitas..
    bahkan tanpa kita sadari..

  21. rina says:

    cinta itu butuh suatu pengorbanan. walau kadang orng bilang cinta tanpa pengorbanan itu nggak ada artinya. karna kadang kita mencintai orang sedang orang itu tdk bisa kita miliki, sakit kan???????

  22. smile says:

    cinta mmg bth pengorbanan, alangkah bahagianya qt melihat yang dicintai bahagia, walaupun bahagia itu tdk terbagi untuk qt, tersenyumlah sllu dalam hal appn

  23. diver says:

    cinta adalah dimana kita harus mencintai orang yang tidak sempurna teapi cintanya sempurna ..

    daripada mencintai orang yang sempurna tetapi cintanya tidak sempurna..

  24. ZHAQY says:

    AKU BINGUNG DENGAN CINTA……………TOLOOOOOOOONGGGGGGGG

  25. ika wanidya wati says:

    gw punya cowok,, dia sih mang tipe ideal bgt ya,,, apa yang gw mau semua itu dia punya, di saat gw lg terpuruk dia ada, banyak juga pengorbanan yang udah dia kasih buat gw terutama klo lg dalam masalah kluarga itu g ngaruh buat dia, dia terus memperjuangkan dan memihak ke gw, tapi yang gw bingungin dia tu masih da kontek ma MT nya yg dulu,,,,???? hm,,, bingung deh jadinya, ga da romantis2_y ngegombal jg g prnah, sbenr’y posisi gw dmn sh? tmen2 da yg bisa jawab g? please help me, kirimin email ke gw y,,,,

  26. Thia says:

    ya sih…menurut aku pribadi, cinta baru terlihat ketika ada pengorbanan beeeh

  27. Iyenk says:

    Ehmmmm,…….
    Klo memang qt cinta n sayang ma dy……..qt tidak akan memaksakan kehendak sendiri…. qt satukan hati dan perasaan…… agar cinta n sayang dapat bertumbuh…… dan merasakan cinta yang sempurna…..

  28. F. TorrEs says:

    mnt Q ciNta tucH iNdh, tp tk sLm’y indh cz bny bgd rintngan yg hrz diLaLui oLh 1 psAngan…
    Tp itu s’mua kan B’rLLu oLh adA’y “KJUJURAN & SALING PRCAYA”

    Eh, Q jg kSh rezpOnz wt p3ot,, u jgn b’sDh gtu ja n’ jg jgn nyrAh,, pSti da orG LAen yg Lbh bAek dr orG iTu,,, Lw bLh taU u jd sLngkuhAn’y cwo pa Cwe yow?????????????!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  29. a * i 10404 says:

    Moo ikt nimbrung juga nich…
    Mmm….cinta & pengorbanan y???
    Dl gw pernah pacaran jarak jauh, namun krn kekurangan masing2 hub qt jd b’mslh…
    Selang beberapa waktu saat gw mo coba terima dy ap adany, tp t’nyata dy ud pacaran ma yg lain…
    Saat itu gw putusin utk ngerelain dy…ap tu jd pengorbanan cinta gw??
    Tp saat gw pts ma co baru gw yg t’akhr, knp sulit bgt buat relain dy??? g mo berkorban ky dulu, krn gw ga mo dy cinta ma gw krn terpaksa ato kasian ma g, tp krn gw syg bgt ma dy, rasany sulit bgt…knp y???
    Ktny cinta yg tulus tuh adalah cinta yg b’korban…
    Sebenerny cinta gw yg tulus tuh yg k1 ato k2 y???
    ad yg bs jwb n ksh solusi ato tips gtu???

  30. andri says:

    mnurut gw cnta gak da pa”y dibanding sayang….
    cinta tak selama’y mencintai tapi sayang akan selama’y mencintai..
    oleh karena itu jangan katakan cinta pada orang yang anda sayang…tapi katakan sayang pada orang yang kam cinta..

  31. aini says:

    mnurut w,cinta n kasih sayang itu anugerah yang paling indah yang di brikan tuhan kpada Qt,ttapi w ngersain sndiri n baru terjadi bahwa cinta ntu tak harus memiliki wlauon itu sangat mnyakitkan.hiks…………!

  32. kafif says:

    npa sich semua ga da yg ngertiin prasaan satupun ma aku mang ada orang yg msh mencintai aku

  33. misterius says:

    cinta tuch gombal and palsu

  34. Siska says:

    Aq blum prnh mndptkn cinta Yg sesungghny..
    Cma sayang yg sangt dr ma2,pa2,abg,adk,kakak,,aj.
    Cinta d dunia q prcya pazti dtg..amin

  35. jabrik says:

    ma’af klo pendapat aq ce beda dari pendapat anda , cinta itu sesungguhnya g’ ada pengorbanan , tp klo kasih sayang itu memang butuh pengorbanan ,

  36. zia laila says:

    cinta bsa dtng & prgi kpn sja ia mau,
    tp klw syang dia dtng scra perlhan & gk akn
    prnh bsa pergi.
    trkdng cinta tk prnh jujur tp
    lw syang ia akan slu jujur
    nie adlah pnglaman’y gw…..

Leave a Reply

