Dosa Pemimpin

Tadi pagi saya mendengar ulasan mengenai Inactive Leadership dari Bapak Mario Teguh.
Saya tergerak dengan ucapan beliau yang mengatakan bahwa “bawahan anda akan menua dibawah kepemimpinan anda”. Jadi cara kita memimpin akan menentukan masa depan yang kita pimpin. Intinya, kalau kita sebagai pemimpin memilih jalan yang aman dengan melakukan Inactive Leadership maka bawahan kita berada dalam keadaan aman tetapi penuh dengan ancaman masa depan. Karena untuk saat ini, memilih melakukan cara yang aman adalah merupakan cara yang tidak aman.
Saya setuju dengan pendapat itu. Saya mengalaminya di perusahaan tempat saya bekerja. Pimpinan perusahaan tidak mau melakukan perubahan-perubahan. Sehingga akhirnya dengan berjalannya waktu, perusahaan terbawa dalam situasi tidak siap dengan perubahan lingkungan dan gerak pesaing.
Akhirnya perusahaan menua dibawah kepemimpinan pemimpin yang berdampak pada karyawan yang menua tanpa menghasilkan apa-apa.
Gaya kepemimpinan mempengaruhi gerak bawahan. Bawahan juga cenderung memilih cara yang aman mengikuti Inactive Leadership.
Tadi juga disebutkan, bahwa adalah merupakan dosa pemimpin jika pemimpin tidak mampu meningkatkan kesejahteraan bawahannya.
Apakah anda setuju?

One thought on “Dosa Pemimpin

  1. Jika bawahannya berkualitas, maka dia bisa membuat gebrakan-gebrakan. Dan akhirnya timbullah leader baru yg lebih berkualitas. Sayangnya calon-calon leader ini sering dibekap oleh leader-nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s