Minat baca meningkat

Hari Minggu, 31 Juli 2005, saya pergi ke Gramedia untuk mencari salah satu buku manajemen strategis. Saya sudah memiliki beberapa tetapi perlu satu buku ini untuk melengkapi referensi. Biasanya saya membeli buku dengan memanfaatkan fasilitas order by phone dan diantar ke alamat saya. Tetapi saya pikir, untuk kali ini saya pergi aja sekalian cari-cari buku lain.
Tadinya sempat terpikir untuk beli buku di pasar Senen (simpang lima Senen-Kwitang), biasanya banyak mahasiswa maupun umum yang hunting buku ke situ. Tapi saya tetap punya prinsip bahwa saya lebih fair kalau saya membeli buku yang legal. (Saya ngga tau sih…buku-2 yang di kwitang itu legal atau tidak)

Yang ingin saya sampaikan bukan soal legal atau tidak legal, tapi terus terang pada saat saya sampai di Gramedia, saya benar-benar terkesima melihat toko buku itu penuh sekali dengan pengunjung. Sampai mau lewat harus miring-miring. Sebelumnya saya juga pernah ke Gunung Agung pada hari kerja sore hari, hal yang sama juga sama temukan walaupun tidak seramai di Gramedia pada hari Minggu kemarin. Saya tidak mengunjungi Gramedia mungkin ada sekitar enam bulanan.

Saya sungguh sangat senang melihat fenomena seperti ini. Saya senang karena hari Minggu dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengunjungi toko buku. Berarti minat baca dan belajar bangsa kita semakin besar. Sebaliknya memang saya tidak terlalu gembira bila melihat mal-mal padat dengan pengunjung.
Ada harapan bahwa era sepuluh tahun mendatang, bangsa kita akan semakin maju dan semakin berpengetahuan.
Mari kita semua berdoa untuk anak-anak kita yang saat ini sedang menempuh pendidikan mulai dari yang sedang bersekolah di tingkat paling dasar, sampai yang sudah di pendidikan tinggi.

Majulah dan berjuanglah terus bangsaku. Belajarlah terus hai bangsaku.

2 thoughts on “Minat baca meningkat

  1. Kalau saya pribadi sering juga berkunjung ke toko buku. Tapi yg saya beli hanya majalah/tabloid. Selain harganya murah, karena saya lebih suka memiliki pengetahuan luas dari pada pengetahuan yg dalam. Maksudnya adalah saya ingin mengetahui banyak hal tanpa perlu memahaminya secara detail (terlalu mendalam). Hanya sedikit hal saja yg ingin saya ketahui secara mendalam.

    Selain itu saya lebih sering (dan lebih suka) mencari materi dari internet. Syukurlah banyak sekali orang pintar (ilmuwan, akademisi, peneliti, pakar & profesional) yang membagikan ilmunya di internet. Bahkan penyebaran ilmu dapat lebih cepat lewat internet dari pada buku di Tanah Air. Itulah kemajuan teknologi. Bahkan buku Harry Potter sudah ada dalam bentuk eBook.

    Puji Tuhan saya dibekali banyak sekali kemudahan, misalnya dalam hal komputer (saya pakai Tablet PC), koneksi internet, dan perguruan tinggi yang sangat menunjang. Jadi jika saya mencari buku (bukan majalah/tabloid) di toko buku, itu artinya saya lagi kepepet karena tidak menemukan materi di internet. Dan sayangnya, jika saya tidak menemukan materi di internet, maka sedikit sekali kemungkinannya saya menemukan materi di Toko Buku.

  2. Netr says:

    Interesting stuff going on here. Keep it up.

    Check me here oreo cheesecake recipeif you wish:-)–>

Leave a Reply

