Selesai S2 trus mau ngapain

Saat ini saya sedang berjuang menyelesaikan Tesis saya sebagai syarat kelulusan dalam program MM yang telah saya lalui kurang lebih 2 tahun.
Bagi saya kuliah bukan hanya mempelajari segala macam teori. Nilai Kuliah lebih dari itu. Pertama, saya bisa menambah teman yang berarti menambah Network. Kedua, dari cerita dan sharing teman-teman saya bisa mengenal hal lain diluar pekerjaan saya. Dua hal itu sangat berarti untuk membangun masa depan. Disamping itu, kuliah merupakan salah satu taktik saya untuk memaksa diri saya belajar. Kalau tidak begitu, saya mungkin enggan untuk membaca buku-buku.

Banyak orang-orang terdekat saya yang mempertanyakan, “kamu kuliah sampai S2 untuk apa? memangnya setelah kamu lulus, kamu bakal naik pangkat? gajimu nambah? memangnya untuk pekerjaan kamu sekarang dibutuhkan sampai S2? dsb” (saat ini memang saya bekerja di suatu perusahaan yang masih berskala kecil)
Mendengar pertanyaan seperti itu terus terang saya sedih. Karena motivasi saya menempuh pendidikan S2 bukan semata-mata untuk jenjang jabatan atau hal-hal materi lainnya.

Saya seringkali tertantang untuk mempelajari hal-hal baru. Dan kuliah S2 mengajarkan saya banyak hal dalam menangani bisnis. Sekalipun perusahaan tempat saya bekerja berskala kecil, tetapi saya yakin, masalah yang dihadapi oleh perusahaan2 baik besar maupun kecil pasti sama. Dan ternyata ilmu yang saya dapatkan di bangku S2 sangat bermanfaat untuk saya terapkan di perusahaan tempat saya bekerja ini.

Tesis yang saya ambil adalah mengenai Penerapan Balanced Scorecard. Padahal saya sendiri belum terlalu paham dengan teori tersebut. Tapi saya pikir, bagaimana saya bisa paham kalau saya tidak menerapkannya. Akhirnya sambil menyelam minum air, Tesis itu saya jadikan proyek di perusahaan. Dan karena ini semacam suatu proyek, Tesis ini dapat dikerjakan oleh 3 orang. Sampai saat ini saya dan dua teman saya Dewo dan Netty sedang berjuang menyelesaikan Tesis tersebut. Semoga berhasil ya, Tesis dan Proyek.

Cuma habis Tesis saya jadi mikir… mau apa lagi ya? Saya ngga mau otak saya nganggur. Masa mau lanjut S3.
Kapan kayanya….sekolah terus. Lho..!!!
Yahh lihat nanti aja deh.. yang penting tesis selesai dulu.
Doain ya??

One thought on “Selesai S2 trus mau ngapain

  1. Memang banyak sekali motivasi orang untuk menempuh pendidikan yg tinggi, misalnya demi gengsi, demi karirnya di pekerjaannya, ada kesempatan beasiswa (atau yg sejenis), kelebihan uang, mengisi waktu, atau memang orang tersebut senang belajar dan ingin memperoleh ilmu.

    Jangan terlalu pusing dengan komentar orang sekitar yg seringkali tidak memahami apa yg ada di pikiran kita. Tetapi kita juga harus jujur dengan motivasi kita di balik usaha kita kuliah tinggi.

    Sebagai teman kuliah, rekan kerja, dan sahabat+, saya hanya ingin memotivasi kamu untuk terus melangkah ke depan. Ilmu yg kamu pelajari sekarang mungkin belum kamu rasakan manfaatnya secara langsung (terutama dalam hal materi), tapi kelak akan sangat bermanfaat. Saat ini kamu sudah memperoleh ilmu dan wawasan yang tinggi, itu adalah harta yang tidak dapat diukur dengan materi.

    Setelah kuliah mau ngapain? Amalkan ilmu & wawasan kamu bagi masyarakat! Nilainya tidak akan dapat diukur dengan materi, tetapi Tuhan lah yg akan memperhitungkannya.

Leave a Reply

