Cari Sekolah

Dua minggu ini, di kantor sedang ramai dibicarakan mengenai anak-anak dari teman-teman saya sekantor yang sedang stress menunggu pengumuman dari sekolah lanjutan yang mereka pilih. Setiap hari mereka harus ke sekolah untuk lihat papan pengumuman. Katanya setiap hari urutan mereka berubah (kayak saham aja, ya?)Dan yang saya amati dari cerita para orangtua semuanya bilang bahwa urutan anak mereka selalu berubah turun. Saya lantas berpikir dan secara bercanda saya katakan pada mereka.. ‘lho, kalau gitu yang daftar terakhir selalu menempati urutan teratas. Mestinya mendaftar terakhir aja, biar namanya ada di atas. Habis semua pada berubah turun, ngga ada yang berubah naik. Jadi asumsinya kalau mendaftar terakhir pasti ada di urutan atas” (hehehe…namanya juga bercanda)

Di satu sisi saya juga sedih, karena sekolah-sekolah (SMTP dan SMU) banyak yang belum pakai sistem informasi yang baik. Kenapa para calon siswa harus cape-cape pergi ke sekolah untuk mempelototi daftar nama di papan pengumuman. Harusnya semua sekolah baik SMTP maupun SMU sudah memiliki sistem informasi yang baik dan up to date. Jadi para siswa yang mau lihat pengumuman ngga perlu ke sekolah, bisa melalui internet.

Memang sistem pendidikan di Indonesia masih perlu perbaikan terus menerus, mulai dari cara pembelajaran, materi pendidikan sampai dengan sistem informasinya.

Dari cara penerimaan siswa semacam ini menurut saya bisa membawa dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah bahwa semua sekolah (SMTP dan SMU) dituntut untuk menghasilkan siswa-siswa yang berkualitas. Di sini akan muncul persaingan yang positif. Di pihak lain, para siswa yang memiliki nem rendah mempunyai kelompok sendiri sedangkan yang memiliki nem tinggi akan mempunyai kelompok sendiri juga. Masalahnya…bagaimana mengangkat para siswa yang memiliki nem rendah untuk tetap termotivasi dan dapat diberdayakan untuk memajukan bangsa?

Ini opportunity lho bagi yang mau mengabdikan diri di dunia pendidikan.

One thought on “Cari Sekolah

  1. Iya, seharusnya para sekolah sudah memakai SIM (sistem informasi manajemen). Kenalin mereka dengan Sisfo Kampus dong. Ada sistem ranking PMB (penerimaan mahasiswa baru) secara online-nya lho. Open source lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s