Perpanjang SIM di SAMSAT Keliling…oke banget!!!

Masa berlaku SIM A –ku sudah expired  sejak sebulan yang lalu. Belum sempat urus perpanjangan meskipun teman-temanku sudah beritahu aku bahwa diperpanjang saja di Samsat Keliling.

Akhirnya tunggu punya tunggu hari Sabtu ini 30 September 2006, aku paksakan menyempatkan mengurus perpanjangan SIM. Sebulan sempat dag-dig-dug juga sih…nyetir tanpa SIM yang berlaku.

Pagi-pagi aku telpon Samsat Keliling untuk tanya posisi hari ini dimana. Diberitahu bahwa hari ini ada di ESDM-Gatot Subroto, mulai jam 9.00 s/d jam 11.00. Aku tiba di sana jam 10.30 karena baru berangkat dari rumah jam 9.30 dan sempat cari-cari tempatnya.

Proses berlangsung kurang dari 1(satu) jam, dan biayanya hanya Rp. 100.000,-. Pelayanannya pun baik sekali. Aku cukup terkesan dengan pelayanan Samsat kali ini. Aku sempat ragu sih…harus kasih uang tip atau tidak. Karena aku sempat lihat ada yang kasih. Karena ragu aku tidak sempat menyiapkan uang tip waktu namaku dipanggil. Akhirnya aku hanya bilang “terimakasih banyak pak”.

Setelah aku menerima SIM A yang baru, aku menyempatkan diri untuk tanya ke orang lain yang juga sudah menerima SIM, apakah perlu kasih tip atau tidak. Si Bapak bilang “saya tidak memberikan, tapi kalau Ibu mau memberi tidak apa-apa”…. Ah..tapi sudah terlambat.. ya sudah aku hanya berdoa semoga semua petugas Samsat diberi keikhlasan dalam melakukan tugas dan diberi berkat yang melimpah bagi diri dan keluarganya.

Terimakasih sekali lagi lagi untuk SAMSAT KELILING.

Bagi teman-teman yang juga mau urus perpanjangan (untuk bikin baru dan yang sudah expired lebih dari 1 tahun tidak bisa dibantu di sini), bisa menghubungi 021-8299444 atau SMS 1717. Hubungi pada hari dimana anda mau memperpanjang. Dan jangan ragu mereka baik sekali.

33 thoughts on “Perpanjang SIM di SAMSAT Keliling…oke banget!!!

  1. dewo says:

    Sayang tidak bisa buat baru ya? Hm… harus ke Bekasi nih.
    Temenin dong…

  2. devy says:

    enak ya ga sampai 1 jam, ga kaya’ di daan mogot dong…..(bisa ampe berjam-jam)
    tapi kalau SIM nya hilang bisa buat disini juga ga?

    • Wei says:

      Betul sekale……….!!!!
      Kmrn ke Samsat Daan Mogot, sampai di tempat pukul 10:45.
      Langsung menuju CEK FISIK.
      Kalo itu lumayan cepat, gak pake lama.
      Petugasnya sangat friendly dan murah senyum bgt meskipun matahari dan hawa saat itu sangat terik dan panas.
      Gak gondok ngasih petugasnya uang kopi.
      Begitu selesai, di suruh masuk dlm gedung untuk isi formulir pendaftaran.
      Waktu di dlm, sama sekali gak ada tanda ngasih tau harus kemana, konter informasipun tidak ada petugas yg bisa ditanyai.
      Gw harus tanya kesana kemari cuma sebuah informasi.
      Bbrp petugas2 yg ditanya cuma celengak-celenguk, entah pura2 bego atau emang lagi malas buka mulut
      Akhirnya ketemu staf trainee di belakang konter yang mengatakan harus ambil formulir di konter 1.
      Bingung konter 1 dimana krn sama sekali gak ada tulisan konter 1/2/3.
      Staf trainee cuma nunjuk ambil formulir di pojok kiri.
      Begitu ngambil formulir dan isi, gw balik lagi ke staf trainee itu dan dia bilang, “maaf, mau istirahat”
      Asli, kesel deh! Kenapa gak bilang dari awal dan kelihatannya emang disengajakan.
      Jam istirahat dr pukul 12:00 – 13:00.
      Tapi jgn harap mereka akan kembali tepat pada waktunya.
      Pukul 13:20, staf kembali dr istirahat/makan siang, pelayanan cukup cepat.
      Tapi udah kebawa bete.
      Setengah jam kemudian, nama gw dipanggil utk melakukan pembayaran.
      Kurang lebih harus nunggu 1 jam-an utk hasil STNKnya (pukul 13:45) jadi dan emang disaat yg bersamaan plat mobil gw juga harus ganti.
      Petugas suruh gw tunggu sampai dipanggil kembali utk plat mobilnya.
      Setengah jam gw tunggu, ga dipanggil2. Sejampun berlalu.
      Gile, gw pikir, apa2in ini?!?!?
      Akhirnya di pukul 15:10, gw nekad diri utk menanyakan petugas itu kembali kapan bisa ambil plat mobil gw.
      Dia minta resi STNK dan suruh tunggu sebentar.
      Blm ada 5 menit, nama gw dipanggil beserta plat mobil yg baru.
      Asli gw melongo….
      Waktu itu ada mesin tanggapan mengenai pelayanan utk customer yg bisa ditekan utk memberikan masukan mengenai pelayanan petugas, gw menyesal gak pencet TIDAK MEMUASKAN, krn udah kebawa bete bulan2an.
      Awalnya gw rencana mau kasih uang kopi, tapi, sayang…..
      Pernahkah terpikir oleh petugas-petugas ini kalo kita2 itu punya pekerjaan juga ya?
      Cuma ngurus STNK dan plat bisa ngetem di SAMSAT hampir 4 jam (minus 1 jam-an istirahat)

  3. lina says:

    hehehe….kalau SIM hilang tetap harus ke Daan Mogot.
    Salam

  4. revi says:

    Selamat pagi…

    Saya ucapkan selamat kepada Pelayanan SIM di samsat keliling Polda Metro Jaya.
    Sabtu kemaren tanggal 7 April 2007, saya mengurus perpanjangan SIM di Terminal Kebun Binatang Ragunan.

    Saya sampei di lokasi jam 9.30 langsung minta Formulir dan langsung di isi, kira2 30 menit, saya di panggil untuk Foto.
    Sebelumnya di ruangan yang kecil dan ber Ac,Petugasnya mencocokkan data2 saya,dan saya di minta bayar Rp.85.000,- kira2 10 menit saya telah di berikan SIM Baru serta Kartu Asuransi.
    Saya sangat puas atas layanan nya, dari pada saya jauh2 pergi ke Samsat Kali Deres, yang penuh dengan para Calo-calonya.
    Terimakasih pada Bapak petugas khususnya Kepada Kapolda Metro Jaya, agar di pertahankan sistim layanan ini.
    Selamat dan Sukses.

    Revi@apakabar.com

  5. suharna says:

    Pagi tadi/Kamis 10 may 2007 jam 08.15wib saya datang ke Gedung Kehutanan Manggala Manabakti untuk bermaksud meperpanjang STNK Avanza saya dengan fasilitas Mobil Samsat keliling, tapi tunggu punya tunggu sampai jam 09.40wib tak kunjung datang ahkirnya ada sentlingan dari rekan yang nunggu bahwa komputer mobil samsat nggak bisa on-line, wah dengan sedikit kesel gue lansung ngacir balik ke kantor lagi.
    Btw, ada yang tahu nggak sebab pastinya atas hal ini,, sharing dong.
    Besok rencana datang lagi karena keburu jatuh temponya abis.

    Salambesokdatanglagi
    HarnoAXIC1195

  6. Lina says:

    Dear pak Harno,
    wah sayang ya komputernya ngga bisa on-line. Sebelum ke samsat keliling sudah telpon dulu kan? Memang sebaiknya kita telpon dulu bahkan detik terakhir kita mau berangkat. Tapi kalau memang itu sudah dilakukan, lalu ternyata Samsat Keliling belum dapat mengatasi masalah teknis tersebut, yaahh kita hanya bisa berharap semoga komputernya segera on-line lagi. Hanya sayangnya setiap hari lokasi mangkal Samsat Keliling berubah sih ya…
    Semoga besok sudah bisa selesai ya Pak.
    Salam.

  7. yanto says:

    saya membuat sim A dan C baru di daan mogot, dulu sim saya B1 umum tapi karena lama tidak bawa mobil, saya malas memperpanjang akhirnya sim pun entah dimana karena sudah 15 tahun. saat membuat sim baru saya ikuti prasedur yang ada (tidak melalui calo) tapi sampai 2 kali teori baru lulus dan di praktek motor tidak lulus 3 kali, sehingga jadi bosan. sampai saat ini kalau ditangkap polisi hanya bukti tidak lulus aja saya kasi, karena ada rasa kesal, kalau mau lulus tambah 280rb/sim. sehingga saat ini tidak punya sim A dan C.
    ada rasa kecewa cape mondarmandir sudah 4 kali kesana belum beres juga sampai kita kasi 280rb kali 2 sim. dari awal aja pakai calo dan semua memang pake calo ada teman disana katanya sdh 6 kali belum lulus. makanya saya usul samsat keliling juga bikin sim baru aja untuk mematikan calo di samsat daan mogot demikian terima kasih

  8. dodi says:

    beda ya dengan di Lampung, polisinya kalo ditelpon untuk minta info Sim keliling pada males kasih info, sudah nadanya tinggi, nggak ramah eh di pingpong lagi. Semula tanya ke Polda, dari Polda (cukup ramah) disarankan telp ke Poltabes dengan nomor yg dikasih, maka jawabanya:

    – Pol : “tanya aja ke bagian SIM, ini bagian Lalulintas”
    + Saya: “kalo bagian SIM berapa ya nomornya pak ?”
    – Pol : (sepertinya tanya2 ke pol lain di ruangan itu)”..woii woii ada nggak bagian SIM..”
    * dalam hati ..bagian sim ? ya ada kan pak. maksudnya orgnya ada nggak gitu ? ..apa pernah nggak ada ?..*
    eh tiba2 terputus setelah sebelumnya saya dengar kata “ah!”.

    kasian ya masih banyak polisi kayak gitu..

  9. Bune says:

    Dear dodi,
    Duh… sayang sekali ya…
    Padahal Polisi harusnya berfungsi sebagai pengayom.
    Mungkin pak Polisi yang jawab telpon lagi stress… jadi kita deh kena imbasnya.

  10. RUDI says:

    Hanya sebagian sedikit polisi sebagai pengayom masyarakat.
    Kalo kita bertempat tinggal Jak-Tim apa bisa kita memperpanjang samsat keliling di Jakarta Selatan?
    Ada yang bs kasih tau gak ya?

  11. Bune says:

    Dear Rudi,
    Setau saya per wilayah. Di radio Suara Metro kalau tidak salah di frek 97.0 FM selalu di informasikan keberadaan samsat keliling untuk tiap wilayah.

  12. pieterssoeratno says:

    wah lagi blogwalking nih mbak, mampir and salam kenal, makasih untuk info samsat kelilingnya…GBU

  13. tri m says:

    dear all,
    kenapa sekarang susah banget proses bikin sim,sehingga harus bolak balik ke samsat terus,ini membuang waktu saja…! tapi hasilnya nihil….!
    apa perlu ada pelicinnya biar lancar semua…..!

    thanks all..

  14. benny wallad says:

    apakah perpanjangan sim B1 dapat dilakukan di samsat keliling, thanks

  15. Zahri says:

    Mbak/Mas,… saya hari ini coba kontak no. 8299444 tapi kagak pernah ada yang nyahut. Hanya layanan 1717 aja yang selalu reply sms saya. Tapi mereka selalu kasih nomor yang kalo kita coba sambung kagak di angkat2. Apakah ada diantara rekan2 yang tahu dimana saja keberadaan samsat keliling di jakarta? apakah ada yang tahu no kontaknya..? TXS

  16. hherawati says:

    Ah.. seandainya ini dilakukan juga di seluruh SAMSAT indonesia… semuanya bersih.. sayang cuman bisa kayak begini di SAMSAT keliling, cobalah datang ke Daan Mogot, SIM A butuh biaya Rp 400.000 lebih.. hehehe

  17. tonny kristiyono says:

    dear all
    adakah yg tahu berapa no.tlp yg on line samsat keliling untuk wilayah depok dan pada hari sabtu sampai jam berapa active nya?bisa gak bikin sim baru di samsat keliling..? txs

  18. Landax says:

    om no tlpnya gak bisa tuh ?? tulalit …

  19. David says:

    Akhir Sept yang lalu sy bermaksud memperpanjang SIM, lantas sy datang ke Polsek Kemayoran, tempat isteri sy memperpanjang SIM sekitar setahun yang lalu, mau tanya apakah perpanjang SIM masih buka menjelang lebaran. Baru keluar mobil, ada yang nyamperin sembari tanya,”Bos, ada yang bisa dibantu?”. Wah, urusannya duit nih…

    Karena memang cuma mampir tanya, lagian sy tidak pakai baju berkerah utk foto, maka sy hanya tanya jadwal lantas pergi.

    Kemudian sy cari di website tentang SAMSAT keliling, tapi tdk ketemu jadwalnya. Tetapi dapat info bahwa ada gerai SAMSAT di Mal Artha Gading dan beberapa tempat lainnya.

    Keesokan harinya sy mampir ke Mal Artha Gading dan mencoba mengurus perpanjangan SIM di sana. Letaknya di Lt.1 di lorong depan ACE Hardware.

    LUAR BIASA…!! Hanya dalam tempo kurang dari 10 menit, SIM sy yang sudah expired selesai diurus. Biayanya 100rb, lebih murah ketimbang waktu sy perpanjang SIM 5 & 10 tahun yg lalu….

    Selain itu tempatnya bersih, rapi, nyaman, pokoknya beda banget…

    ZZZALUT RUARRR BIAZZZA buat pelayanan dari POLDA, semoga pelayanan lainnya juga diperbaiki seperti yang satu ini…

  20. Buruh Pabrik says:

    Nanya nih Boss… SIM C saya buat dengan tanpa calo di samsat daan Mogot tahun 2004,
    sebentar lagi expired … sekarang KTP saya Bekasi — pertanyaannya Bisakah saya perpanjang SIM-C tersebut di daan Mogot? atau harus buat baru lagi??
    Samsat daan MOGOT kalu buat baru untuk KTP bekasi bisa gak?

    terima kasih sebelumnya….

  21. jawa says:

    saya suprayitno. kemaren tgl 24 des 2008 dompet saya hilang di dalamnya berisi SIM C, KTP, ID card, Uang Dll. saya kbetulan tidak punya foto kopi semuanya. saya sdh buat laporan kehilangan dr polsek cakung. sekarng KTP saya sudah baru dengan alamat yang baru juga (alamat rumah sekarang) kramat raya jakpus.

    yang mau saya tanyakan:
    1. alamat di sim C saya masih alamat yang lama penjaringan jakut. bisa gak saya buat SIM C lagi dgn alamat Baru (bukan buat dari awal)?

    2. bagaimana prosedure untuk buat sim c karena yang lama hilang dan gak ada foto kopinyam dengan alamat yang berbeda dengan KTP sekrang?

    3. bisa gak di samsat keliling atau yang di mall?

    terima kasih atas jawabanya

  22. echa says:

    mau tny dunk..,

    klo SIM dan KTP nya hilang bsa perpanjang di samsat keliling ga..,
    foto copy nya jg ga ada.,

    tp yg saya pny skarang cuma KTP yg baru dan surat kehilangan dr kepolisian..,

    thank’s ya..,

  23. eni triyani says:

    Asslm…
    Sebelumnya terima kasih banyak. Mau nanya nih mas.. Bulan April nanti mau perpanjang STNK daerah Radio Dalam Jaksel. alamatnya di mana ya mas tuk perpanjang STNK.
    Thanks for all.

  24. Sigit says:

    Terima kasih sudah membagi nomor telp penting pak polisi. Saya tak usah cari di Yellow Page atau telpon operator. Thank You so much.

  25. dicky hilamn says:

    mau perpanjang sim,tapi tahun d sim dengan d ktp berbeda.masih bisa ga yah???

  26. hery says:

    mau ganti dri simB,tapi udah ke hapus nama dan no sim nya,bisa ga ya dgn nama saja melacaknya

  27. aghie says:

    than’x….oya klo mw perpanjang SIMB tapi bukan punya saya, alias punya ORTU bsa ga ya…. Mohon di jawab Pleasssssss!!!!

  28. ocenk says:

    perpanjang sim dari jawa tengah bisa on line jakrta gaya,,, mohon informasinya

  29. indreeani says:

    sim saya sudah mati selama 6 thn, jatuhnya perpanjang or bikin baru? dimana ngurusnya? harus ke daan mogot kah?
    thanks ya

  30. palomes says:

    Saya baru perpanjang sim di samsat jakarta timur, memang pelayanannya cepat 5 menit saya sdh foto, kebetulan
    Gak antri, tapi biayanya kok Rp.180ribu ya? Trus
    Ultah saya kan tgl 11 Januari 2010, berhubung saya
    Dinas di luar kota dan khawatir
    Tdk sempat perpanjang sim, jd sy perpanjang
    Skrg, tapi anehnya kok sim saya cuma berlaku sd 11 jan 2014 bukan 2015, jd saya rugi 1 tahun.
    Apa aturannya memang begitu ya?

  31. edfi says:

    gimana klu matinnya dah 2 tahun bisa gak ?

  32. anjar says:

    untuk mengurus pindah alamat sim di samsat keliling bisa gak ya

Leave a Reply

